Info untuk para pecinta kucing

Merawat anak kucing yang baru lahir

Sama halnya seperti bayi yang baru lahir, anak kucing yang baru lahir juga masih lemah dan membutuhkan perawatan khusus. Oleh karena itu, jika Anda memiliki anak kucing yang baru lahir, Anda bisa mencoba tips dalam merawat anak kucing yang baru lahir berikut ini.

  1. Bersihkanlah anak kucing dari kotoran, terutama pada tali pusarnya
  2. Setelah lahir, pastikanlah anak kucing mendapat kondisi yang hangat. Caranya yaitu dengan meletakan anak kucing tersebut di bawah handuk yang di atasnya ada botol berisikan air hangat. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan kondisi anak kucing sesaat sesudah dilahirkan masih dalam kondisi yang basah dan lembab. Serta bila tidak dilakukan penanganan, suhu tubuh anak kucing akan bisa menurun dengan cepat.
  3. Sesudah membersihkan anak kucing yang baru lahir, segera kembalikanlah ke induknya, karena anak kucing yang baru lahir sangat penting untukk memperoleh asupan susu pertama dari induknya sebab akan melindungi anak kucing dari infeksi. Janganlah lupa juga untuk memberikan makan dan minum pada induk kucing ketika dia sedang menyusui anaknya.
  4. Anak kucing bisa makan makanan padat saat usianya sudah dua atau tiga minggu. Sisihkan budget Anda untuk membelikan mereka makanan ataupun susu yang dijual khusus anak kucing.
  5. Dalam masa pertumbuhan anak kucing, hindarilah memberikan susu sapi ataupun susu kambing sebab masih belum bisa dicerna dengan sempurna lantaran susu tersebut mengandung laktosa.
  6. Untuk mengantisipasi anak kucing yang biasanya buang kotoran sembarangan, maka sejak dini sediakanlah dua buah nampan untuk mengganti kotora. Gantilah nampan-nampan tersebut secara teratur. Secara alamiah anak kucing pun akan membuang kotorannya di sana pada usia 3 hingga 4 minggu.
  7. Untuk induk kucing yang menyusui sebaiknya berilah obat cacing tiap bulan. Dan untuk anak kucingnya sendiri, perlu diberikan obat cacing tiap dua minggu. Dimulai sejak umurnya dua minggu hingga berumur tiga bulan.
  8. Anak kucing bisa disapih sejak umur 8 minggu. Di tahap ini, induk kucing akan tidak selalu bersama dengan anaknya sampai harus diberikan makanan padat.
  9. Agar nantinya si kucing tidak bertindak agresif terhadap manusia. Maka anak kucing perlu melakukan kontak pada manusia setidaknya sejak umur 2 sampai 7 minggu
  10. Agar kucing tidak menyusahkan, Berilah banyak rangsangan baru yang tentunya tidak mengancam. Misal bunyi-bunyian atau bertemu dengan binatang yang lain.
Demikianlah tips dan cara merawat anak kucing yang baru lahir. Sementara untuk mengetahui anak kucing apakah jantan atau betina, bisa diketahui dengan cara mengangkat ekornya kemudian akan terlihat dua lubang. Bila ke dua lubang tersebut berjauhan maka anak kucing tersebut adalah jantan, dan sebaliknya bila keduanya berdekatan, maka anak kucing tersebut adalah betina.

Dikutip dari:  http://pollcats.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Merawat anak kucing yang baru lahir. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/04/merawat-anak-kucing-yang-baru-lahir.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -