Info untuk para pecinta kucing

Mengenal jenis dan ciri kucing persia

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang banyak digemari karena memiliki bulu yang indah dan cantik dengan bentuk tubuhnya yang besar, padat, berkepala besar serta bulat. Lapisan bulunya yang tebal membuatnya semakin anggun. Di Indonesia sendiri, Kucing Persia sudah cukup banyak diperkembangbiakkan dibanding dengan ras  kucing lainnya. Mungkin karena bulunya yang tebal dan panjang serta serta sifatnya yang tenang, anggun juga manja, sehingga kucing ini banyak disukai. Beberapa orang mungkin akan kesulitan untuk membedakan antara kucing persia dan Kucing Anggora yang memang mirip. Kucing Persia lebih mudah untuk dikandangkan, tak terlalu berisik serta lebih cocok hidup dalam rumah.

Jenis-jenis Kucing Persia

Berdasar panjang bulunya, kucing persia terdiri atas dua jenis, yakni long haired persian (berbulu panjang) dan exotic short hair(berbulu pendek). Sementara berdasar variasi warnanya, kucing persia dibagi kedalam tujuh kelompok, yakni Solid color Silver and Golden Division, Shaded and Smoke Division, Tabby Division, Particolor Division, Bicolor Division dan Himalayan Division.

Ciri-ciri Kucing Persia

  1. Kepalanya besar dan bulat dengan hidung yang pesek serta lebar serta dengan celah pembatas yang tampak jelas dengan mata. Rahangnya lebar dan kuat, pipinya penuh ditopang tulang pipi yang tampak menonjol. Jika dilihat dari samping, bagian dahi dagu dan hidungnya berbentuk garis tegak lurus.
  2. Telinganya berujung bulat dengan bagian yang dasar melebar, tak terlalu tinggi serta miring ke depan.
  3. Matanya membuka lebar berbentuk bulat, warna matanya berhubungan dengan warna bulunya.
  4. Dadanya lebar membulat dengan bagian punggungnya sedikit membulat, ukuran serta posisi perut bagian belakang terlihat membulat serta lebih rendah (cobby)
  5. Kakinya pendek, kuat, tebal ditopang oleh tulangnya yang besar. Kaki belakang dan depannya lurus lurus jika dilihat dari belakang.
  6. Cakarnya bulat, besar, dan kokoh. Lima jari di kaki depan dengan empat jari di kaki bagian belakang
  7. Bulunya panjang serta tebal mengkilap, menutupi seluruh badannya
  8. Ekornya berbulu lurus, tebal dan panjang sesuai dengan proporsi badannya.
  9. Sifatnya mudah untuk beradaptasi dengan bermacam tempat, senang bermain serta mudah disayangi. Ekspresi wajahnya yang manis serta bersifat tenang, dapat duduk serta tidur di satu tempat saja selama berjam-jam, tak berisik, dan suaranya lembut.
Kucing Persia adalah kucing lucu yang harganya cukup mahal, sehingga Anda tentu harus merawat Kucing Persia dengan baik agar tidak mudah sakit.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Mengenal jenis dan ciri kucing persia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/03/mengenal-jenis-dan-ciri-kucing-persia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -