Info untuk para pecinta kucing

Cara alami mengusir kutu pada kucing

Ada cara alami menghilangkan kutu kucing, tanpa harus menggunakan obat kutu berbahan kimia (seperti : obat tetes, bedak, shampoo dan lain sebagainya). Yaitu dengan cara mengoleskan minyak telon , minyak tawon atau saya juga pernah menggunakan cuka apel ke bulu dan badan kucing kita. Bisa secara merata, atau cukup di daerah dimana kutu sering menghinggap (sekitar telinga, leher, ketiak, kaki dan sebagainya)

Penggunaan ini terbilang cukup aman, bahkan sangat aman, sekaligus juga bisa membuang racun-racun tubuh yang ada dalam tubuh kucing kita. Cara ini, saya dapatkan  di beberapa forum kucing, dan juga search di mbah google. Menurut sebuah artikel di salah satu blog cara ini berdasarkan saran dari drh. Sutarman. Msc. Beliau merupakan dokter hewan senior yang kaya akan pengalaman. Jadi cara ini saya terapkan ke kucing peliharaan saya sesuai apa yang ia sarankan, drh.Sutarman. Msc pernah menjabat sebagai kepala dinas peternakan di Irian (sekarang Papua), kepala kebun binatang Ragunan dan satu keluarga (dari bapak, sampai adik-adiknya) hampir dokter hewan semua.

Menurut drh. Sutarman, minyak telon adalah bahan penghilang hama yang paling alami dan aman bagi tumbuhan dan binatang. Dan resep ini telah digunakan sejak zaman Belanda masih menjajah, secara zaman dulu itu tidak ada obat-obatan penghilang hama yang berbau kimiawi.

Minyak kayu putih/ telon/ tawon kalau dihirup pernafasan kita, tidak akan membahayakan kesehatan kita (malah jadi sehat), berbeda dengan obat nyamuk semprot yang biasa kita gunakan. Dengan menggunakan minyak kayu putih/ telon/ tawon, kita pun bisa mengusir nyamuk, lalat, atau hama lainnya, tanpa harus membunuhnya.
Mungkin, ada beberapa dari kucing kita yang cocok menggunakan obat penghilang kutu secara kimiawi, tapi tidak sedikit juga dari kucing kita yang tidak cocok dengan penggunaan obat kutu, yang sekarang marak beredar.

Berapa banyak dari kucing kita yang punya kasus keracunan bedak kutu? Berapa banyak dari kucing kita yang muntah-muntah setelah dimandikan dengan shampoo kutu? Berapa banyak dari kucing kita yang merasa alergi, gatal-gatal, atau mengarah ke penyakit yang akan diketahui setelah pemakaian jangka panjang, akibat ditetesi obat kutu di tengkuknya? Selain harganya juga mahal.

Mungkin tidak banyak tapi tetap masih ada yang tidak cocok dengan penggunaan bahan kimiawi yang diberikan kepada kucing kita. Apakah penggunaan bahan kimiawi itu sama sekali tidak mempengaruhi kesehatannya dalam jangka waktu yang pendek dan panjang?
Selama ini, saya pribadi pernah menggunakan obat kutu yang berbentuk bedak tapi setelah digunakan malah kucing saya mulutnya berbusa setelah menjilat bedak kutu tersebut dan akhirnya diare. Akhirnya saya berhenti meggunakan bedak tersebut dan sekarang lebih suka menggunakan cara alami untuk mengusir kutu (minyak tawon, minyak telon dan juga cuka apel) . Saya memilih menggunakan minyak tawon/ telon atau juga cuka apel untuk mengusir kutu kucing. Dan alhamdulillah bulu mereka lebat tanpa kehadiran kutu. Dan kesehatan mereka pun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena banyak racun yang terbuang.

Untuk pemakaian awal, 2 hari sekali selama 1 minggu. Setelah itu cukup 1 bulan sekali untuk perawatan.Dampak yang ditimbulkan setelah pemakaian minyak telon atau tawon kepada kucing adalah, kucing merasa tidak nyaman dengan baunya, sedikit hangat lalu kedinginan. Namun itu semua hal yang wajar, karena manusia juga merasakan hal yang sama bila habis memakai minyak telon/ tawon. Setelah itu, keluarlah racun-racun dari dalam tubuh kucing kita, seperti buang air, dan pup sedikit lembek. Kutu-kutu pun lenyap jika kita mau telaten menggunakan cara tersebut. Cara ini tidak membunuh kutu tapi hanya mengusir kutu dari badan kucing. Jadi secara bertahap pasti kutu akan pergi juga, tapi jangan lupa bersihkan kandang dan lingkungan disekitar anda agar kutu tidak kembali lagi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cara alami mengusir kutu pada kucing. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/04/cara-alami-mengusir-kutu-pada-kucing.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -