Info untuk para pecinta kucing

Penyakit Flu pada kucing

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sering menyerang kucing, kucing yang belum divaksinasi mudah sekali terserang dan menularkan virus pada kucing yang lain. Pada kucing dewasa penyakit flu pada kucing ini jarang menyebabkan kematian, tetapi pada anak kucing atau kitten penyakit ini akan berakibat fatal. Walaupun tidak berakibat fatal pada kucing dewasa penyakit flu pada kucing dapat berlangsung lama dengan gejala penyakit seperti pilek dan bersin-bersin, sehingga dapat membuat lemah daya tahan kucing itu sendiri. Oleh karena itu tindakan terbaik adalah melakukan vaksinasi rutin untk mencegah penyakit flu pada kucing. Flu pada kucing adalah penyakit yang menyerang pada kucing yang disebabkan oleh infeksi satu atau kombinasi dari beberapa virus diantaranya virus Feline Herpes Virus (FHV) dan Feline Calicivirus (FCV). Feline herpes virus bisa disebut juga Feline Viral Rhinotracheitis (FVR). Penyebab flu pada kucing bisa juga karena terserang bakteri yaitu bakteri Bordetella Bronchiseptica.

 

Penularan penyakit flu pada kucing 

Sama seperti penyakit flu pada manusia, flu pada kucing juga dapat menyebar melalui air liur, cairan bersin atau droplet yang mengandung virus. Penularan penyakit flu pada kucing bisa dengan kontak langsung atau tidak langsung melalui peralatan kucing seperti tempat makanan, minuman, kandang, yang tercemar virus. Manusia pun bisa menjadi carrier atau pembawa penyakit, oleh karena untuk mencegah penularan flu pada kucing lain cucilah tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik setelah memegang kucing sakit agar tidak menulari flu pada kucing lain.

Inkubasi penyakit ini dapat mencapai 3 minggu, artinya sejak virus menyerang pada kucing, kucing bisa saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu, dan meskipun kucing tidak terlihat sakit tetapi kucing bisa menularkan virus kepada kucing yang lain.

Tanda tanda kucing terserang flu ?
Pada beberapa kasus, penyakit flu pada kucing dapat menyebabkan semacam sariawan pada mulut yang menyebabkan kucing kesakitan bila makan. Tetapi gejala flu pada kucing pada umumnya mirip seperti gejala flu pada manusia, yaitu
  1. Di awali dengan bersin-bersin bekelanjutan
  2. Batuk – batuk
  3. Mata merah dan berair
  4. Demam
  5. Nafsu makan akan berkurang bahkan bisa  hilang sama sekali
  6. Lemah dan lesu
  7. Tanda-tanda penyakit flu pada kucing biasanya mulai berkurang setelah satu minggu, dan akan kembali ke kondisi semula dalam 2-3 minggu.
Apakah flu pada kucing bisa menular pada manusia ?
Virus flu pada kucing berbeda dengan virus flu yang menyerang manusia. Virus flu pada kucing hanya menyerang kucing dan hewan sejenisnya.

Apakah Flu pada kucing bisa diobati ?
Hingga saat ini belum ada obat untuk flu pada kucing, hanya kekebalan tubuh kucing sendiri yang dapat mengobati flu pada kucing. oleh karena itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pemberian antibiotik hanya bersifat mencegah infeksi sekunder atau infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri pada saat kucing terkena flu. Obat-obat lain juga hanya membantu untuk mengurangi dan meringankan gejala flu seperti melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir saluran pernafasan dan menurunkan panas.

Pengobatan pada kucing yang terserang flu lebih bersifat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh kucing, berikan vitamin dan suplemen khusus pada kucing atau dapat juga di berikan obat obatan herbal untuk manusia seperti propolis, propolis sangat baik untuk mencegah penyakit flu pada kucing  dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Perhatikan pola makan kucing dan gizi kucing karena pada kucing yang gizinya terjamin biasanya penyakit flu ini akan sembuh sendiri dalam waktu 1-3 minggu. Apabila kucing kita terserang flu usahakan ada makanan yang masuk kedalam tubuh kucing, paksa kucing makan dengan menyuapi makanan, bila perlu di di spet ke mulut kucing dengan menggunakan suntikan, hal ini dilakukan agar kucing tersebut tetap mempunyai energi dan nutrisi yang baik untuk memerangi virus flu pada kucing.

Apakah Vaksinasi dapat menyembuhkan flu pada kucing?
Vaksinasi hanya bersifat pencegahan. Vaksinasi rutin pun tidak menjamin 100 % mencegah dan melindungi kucing dari penyakit. hanya saja kucing yang sudah divaksin apabila terserang virus atau penyakit flu pada kucing tidak terlalu parah kondisinya dan segera pulih.


Sumber: Dikutip dari berbagai sumber
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Penyakit Flu pada kucing. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/04/penyakit-flu-pada-kucing.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -