Info untuk para pecinta kucing

Penyakit toxoplasma pada kucing

Selama ini kucing sering dituduh sebagai biang keladi atas penularan toxoplasmosis, pdhal kenyataannya untuk tertular penyakit ini tidak hanya terjadi pd orang yg memelihara kucing.

Apa itu Toxoplasma? toksoplasmosis merupakan penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang ditularkan oleh hewan ke manusia.

Toxoplasma berasal dari infeksi parasit Toxoplasma Gondii. Adapun penularannya pada manusia melalui empat cara yaitu:

1. Secara tidak sengaja memakan makanan yang tercemari parasit ini. Misalnya kita makan sayuran yang tidak dicuci bersih dan ternyata parasit toxo telah mencemarinya.

2. Memakan daging sapi, kambing, babi, ayam, babi atau anjing yang mengandung parasit toxo yang tidak dimasak dengan sempurna (matang), termasuk otak hati dan lainnya.

Infeksi melalui placenta bayi dalam kandungan.
Seorang ibu hamil yang terinfeksi toxoplasma bisa menularkan parasit ini pada janin yang dikandungnya, penularan ini disebut penularan secara congenital.

Melalui transfusi darah, transplantasi organ dari seorang donor yang kebetulan menderita toxoplasmosis.

TOXOPLASMA bisa menyerang perempuan maupun laki-laki. Sesungguhnya tak hanya kucing yang bisa terinfeksi parasit Toxoplasma, karena semua hewan berdarah panas (unggas dan mamalia) sebenarnya juga bisa terinfeksi sebagai induk semang perantaranya (Intermediate host).

Parasit dari intermediate host dapat menular hanya jika kita MENGKONSUMSINYA.
Bedanya dengan kucing, Toxoplasma menyelesaikan keseluruhan siklus hidupnya di usus halus kucing, dan akan dikeluarkan bersamaan dengan feces atau kotorannya.
Mungkin karena alasan inilah maka kucing menjadi tersangka utama toxoplasma bagi sebagian kita. Sementara sapi, kambing, ayam, anjing dan hewan lainnya tidak, pdhal justru kemungkinan terbesar penularan toksoplasma ini adalah melalui makan daging setengah matang yg berasal dari hewan yg mengandung sista.

"Pada binatang, toksoplasma bukan berasal dari bulunya tapi dari kotoran yang dikeluarkan, jadi bukan karena mencium-cium kucing. Dan risiko toksoplasma lebih besar dari anjing dibanding kucing,"

ujar Dr Yuditia Purwosunu, SpOG(K) dari divisi Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI.

Pencegahan Penularan :
1. Perhatikan sanitasi kucing & lingkungan
2. Selalu menjaga kesehatan & kebersihan kucing
3. Berikan Makanan dan minuman yg sudah dimasak
4. Jangan biarkan kucing memakan tikus ataupun burung liar
5. Setelah membersihkan kotoran kucing biasakan mencuci tangan
6. Konsumsi daging yg sudah dimasak sempurna
7. Cuci bersih buah dan sayur

Sumber : kaskus & talkshow event SBKR
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Penyakit toxoplasma pada kucing. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/03/penyakit-toxoplasma-pada-kucing.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -