Info untuk para pecinta kucing

Merawat kucing persia dan anggora

Kucing paling banyak menjadi hewan peliharaan, karena tingkah lakunya yang sangat lucu dan menggemaskan. Beberapa jenis kucing yang biasanya dipelihara juga berbeda, seperti jenis kucing kampung, kucing persia, kucing anggora dan jenis kucing lainnya. Meski banyak jenis kucing di berbagai belahan dunia, salah satu yang banyak dijadikan hewan peliharaan kesayangan adalah kucing persia dan anggora, karena kedua jenis kucing ini memiliki bulu yang sangat tebal.
Kucing memang hewan menggemaskan untuk menjadi peliharaan. Namun anda juga perlu memperhatikan, ketika anda memilih untuk memelihara kucing anda juga perlu mengetahui Cara Merawat Kucing agar kucing peliharaan anda menjadi kucing yang sehat, bersih dan juga tidak mengotori rumah anda. Secara garis besar, proses merawat kucing memang relatif sama, yaitu memperhatikan mulai dari kebersihan kucing dan kandang, menu makanan dan vaksinasi. Namun untuk merawat kucing persia dan anggora mungkin ada beberapa hal yang berbeda, karena mereka memiliki bulu yang tebal, berbeda halnya dengan jenis kucing kampung.

Cara Merawat Kucing

Untuk anda yang menyayangi kucing peliharaan anda, tentu saja tidak akan asal-asalan dalam merawat kucing, tentu akan sepenuh hati merawat kucing peliharaan anda, karena tak dapat dipungkiri meski sebagai hewan peliharaan, kucing juga merupakan hewan yang sensitif, sehingga anda perlu berhati-hati dalam merawatnya. Jika anda yang tidak mengetahui secara rinci Cara Merawat Kucing Persia, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini akan membantu anda merawat kucing dengan baik dan benar, seperti berikut:
  • Jika anda memelihara kucing dari sejak kecil, anda perlu memperhatikan jumlah gizi pada anak kucing. Sebab anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan dengan kucing dewasa. Namun bukan berarti anda harus memberikan makan secara berlebihan. Biasanya setelah 5-6 minggu, anda sebaiknya memberikan makanan secara rutin 4 kali sehari.
  • Setelah umur kucing sekitar 8-10 minggu, biasakan memberinya makanan rumahan seperti nasi dan susu.
  • Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Jika bulu kucing mulai tercium bau, anda dapat memandikannya dengan air dingin. Ingat, jangan memandikan kucing dengan air panas sebab akan membuat iritasi pada kulit kucing.
  • Sikat bulu kucing secara teratur menggunakan sisir khusus kucing, terutama untuk jenis kucing persia dan anggora. Hal tersebut dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.
  • Ajak kucing pergi keluar untuk bermain. Hal tersebut dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik, sehingga akan tumbuh dengan sehat dan lincah.
  • Ajarkan kebiasaan hidup sehari, seperti pergi ke toilet, makan dan tempat tidur. Hal tersebut agar kucing tidak mengotori rumah anda.
  • Anda perlu bersikap tegas pada perilaku buruknya, sehingga kucing akan mengerti mana yang baik dan buruk.
  • Berikan vaksinasi secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit dan virus.
  • Ketahui bagian-bagian tubuh kucing yang sering terkena bakteri, seperti gigi, telinga dan kuku. Maka anda perlu memperhatikan kebersihan pada bagian tersebut, agar kucing terhindar dari penyakit dan bakteri.
  • Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing dan sebaiknya pilih kandang yang terbuat dari alumunium agar tidak berkarat dan jeruji lebar agar sirkulasi udara lebih baik.
  • Bersihkan kotak pasir setiap hari dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semport dengan desinfektan agar kucing terhindar dari bakteri dan penyakit.

Dengan mengetahui beberapa Cara Merawat Kucing seperti diatas, anda bisa mengerti mana yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, agar kucing peliharaan anda tetap tumbuh sehat dan lincah. Anda perlu mengetahui bahwa kucing persia bisa hidup hingga 20 tahun, jadi anda perlu siap dan sepenuh hati untuk merawatnya. Sekian ulasan mengenai Cara Merawat Kucing, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Merawat kucing persia dan anggora. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://infoduniakucing.blogspot.com/2014/03/merawat-kucing-persia-dan-anggora.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Raja Online -